Mencerdaskan Anak Bangsa Melalui Ilmu Komputer



Saat ini arus perkembangan teknologi sudah semakin canggih, sehingga para orang tua pun perlu untuk mengarahkan putra-putrinya agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya berbagai macam program komputer pendidikan untuk anak-anak, maka dapat membantu para orang tua atau pengajar untuk turut mencerdaskan anak bangsa melalui ilmu komputer.

Belajar ilmu komputer yang dikenalkan sejak dini akan membentuk daya pikir anak menjadi lebih kreatif dan efisiensi waktu dalam melakukan suatu tindakan. Karena dalam program komputer pendidikan khusus anak-anak diajarkan untuk mengenal bahasa asing, mengembangkan karya seni, melatih logika, dll.

Bila anak-anak diberikan program pendidikan komputer yang bertema permainan, maka minat belajar mereka terhadap komputer akan timbul secara intrinsik. Mereka akan semakin antusias untuk menerima pelajaran yang baru, tanpa orang tua atau pengajar memberikan penekanan pada anak harus bisa menjalankan suatu program komputer dalam jangka waktu yang ditentukan.

Berdasarkan pengamatanku sebagai pengajar komputer untuk anak-anak, seorang anak yang sudah mengenal dunia komputer sejak dini lebih cepat tanggap saat berkomunikasi dengan orang dewasa. 

Walaupun internet beresiko memberi pengaruh buruk terhadap anak-anak, namun mereka perlu untuk dikenalkan bagaimana cara membuat e-mail, mengirimkan e-mail, mencari data penting untuk tugas-tugas sekolah dan mendownload gambar dari internet. Ketika mereka membuka internet sudah sepatutnya kita selalu mendampingi mereka, agar tidak membuka situs-situs yang belum sepantasnya untuk usia mereka.

Jika pembaca yang terhormat ingin berpartisipasi untuk mencerdaskan anak bangsa melalui ilmu komputer, maka diharapkan untuk mengenalkan ilmu komputer kepada adik-adik kecil kita sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia.

One thought on “Mencerdaskan Anak Bangsa Melalui Ilmu Komputer

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s