Kisah Cinta Sejati Habibie dan Ainun


Sejak film Habibie & Ainun tayang perdana di seluruh bioskop Indonesia pada hari Kamis,  20 Desember 2012 cukup membuatku penasaran. Terlebih lagi ada salah seorang rekan ibuku dari Kru MD Pictures yang memberikan bingkisan tas di dalamnya terdapat : poster film Habibie & Ainun, kaos oblong berwarna hitam, ringkasan cerita film Habibie & Ainun dan kartu pos bergambar Habibie & Ainun muda tahun 1959.

SouvenirBingkisan dari Kru MD Pictures 

Tepat di hari Sabtu, 22 Desember 2012 menyambut Hari Ibu, aku mengajak ibuku untuk menyaksikan film Indonesia terbaru yang berjudul : “Habibie & Ainun” di bioskop dekat rumah. Seharusnya kami sudah siap sebelum jam 13.15 WIB, karena saat itu kami masih dalam perjalanan menuju ke bioskop, akhirnya kami terlambat 15 menit. Tapi bagiku tidak masalah, karena jalan cerita filmnya masih dapat diikuti.

Poster Habibie & Ainun

Poster film HABIBIE & AINUN

Reza Rahadian yang memerankan tokoh Prof. DR. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, sukses menirukan secara rinci gaya bicara, cara berjalan, gerak-gerik serta mimik wajah beliau. Sayangnya…rambut Reza kurang tertata rapi saat memakai peci ketika B.J. Habibie menjabat sebagai Mentri dan Presiden Republik Indonesia yang ketiga.

habibie PresidenReza berperan sebagai Presiden RI

ketiga Prof. DR. Ing. H. B.J. Habibie

Pelantikan BJ. HabibiePelantikan Presiden RI ketiga

Bacharuddin Jusuf Habibie

Prof. DR. Ing. H. B.J. Habibie

Akting Reza diimbangi oleh Bunga Citra Lestari yang berakting lumayan bagus, walaupun ada sedikit kekurangan pada rias wajahnya saat berperan sebagai Dr. Hj. Hasri Ainun Besari ketika dewasa dan hingga akhirnya sakit keras.

Film HA-1Cuplikan film Habibie & Ainun

Image

Betapa sayangnya Habibie terhadap Ainun

Selama ini aku melihat sosok B.J. Habibie ialah seorang tokoh yang berpengaruh di Indonesia dan memiliki kecerdasan luar biasa, sekaligus sosok yang sering dipandang sebelah mata oleh rakyat Indonesia. Dengan adanya film Habibie & Ainun, walaupun hanya sekilas seluruh rakyat Indonesia dapat memahami karakter dan kehebatan beliau bagi negara Republik Indonesia serta keluarga besarnya.

Keluarga HA

Keluarga B.J. Habibie dan Ainun

film

Reza, Habibie & Ainun, Bunga C. Lestari

Melalui film Habibie & Ainun dikisahkan tentang cinta pertama dan terakhir Habibie dan Ainun. Rudy Habibie ialah seorang ahli pesawat terbang yang memiliki mimpi besar untuk mengabdi kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun ialah seorang dokter muda yang cerdas dengan jalur karir terbuka luas untuknya.

Pada tahun 1962, dua sahabat SMP ini berjumpa lagi di kota Bandung. Habibie jatuh cinta saat bertemu Ainun yang baginya seperti gula pasir. Selain itu Ainun tidak hanya jatuh cinta pada Habibie, dia tertarik pada visi dan misi Habibie. Akhirnya mereka memutuskan untuk menikah dan langsung terbang menuju Jerman.

Mewujudkan mimpi Habibie tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam film ini diperlihatkan bagaimana kegigihan B.J. Habibie saat menuntut ilmu, berjuang hidup di Jerman, betapa sayangnya dan setia terhadap Ainun, menjunjung tinggi nilai kejujuran dan tetap mencintai Tanah Air Indonesia, tempat dimana beliau dilahirkan dan dibesarkan. Walaupun godaan harta dan kekuasaan sempat menghampirinya ketika berada di Indonesia, Habibie tidak merasa silau dengan hal tersebut dan tetap sederhana dibalik segala kelebihan yang dimilikinya.

images (2)Pasangan serasi Habibie & Ainun

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya lebih sempurna. Bagi Ainun, Habibie adalah seorang pria yang dapat mengisi kasih sayang dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai babak akhir, setiap impian ada batasnya. Kemudian pada satu titik, pasangan serasi ini tersadar akan hal itu. Hanya maut yang dapat memisahkan keduanya. Sebagian dari inti cerita tersebut bersumber dari : Brosur Film Habibie & Ainun produksi MD Pictures.

40 hari kepergian alm. Ibu AinunMemperingati 40 hari

wafatnya almh. Ibu Ainun

Sejauh ini, film Habibie & Ainun merupakan film Indonesia terbaik yang pernah aku tonton setelah film Tjut Nyak Dien. Mulai dari pengambilan gambar, tata cahaya, pemilihan peran utama, alunan musik dan jalan cerita film, semuanya bagus dan tidak membosankan. Alhamdulillah…dengan mengajak Ibuku nonton film ini menjadi hadiah terindah yang kuberikan untuk Ibu Tercinta di Hari Ibu.

ImageBuku Habibie & Ainun 

Salut kepada Faozan Rizal sebagai sutradara dan Dhamoo Punjabi-Manoj Punjabi yang bertindak sebagai produser film Habibie & Ainun! Semoga film-film Indonesia selanjutnya menjadi tontonan yang lebih menarik, menghibur dan memberikan inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Serta dapat mengharumkan nama bangsa Republik Indonesia di dunia perfilman internasional. Aamiin.

 Buka bersama Bp Habibie & kel

4 thoughts on “Kisah Cinta Sejati Habibie dan Ainun

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s