Wisata ke Taman Banjir Kanal Timur


Jembatan BKT-1

Untuk mengatasi banjir akibat hujan lokal dan aliran dari hulu di Jakarta bagian timur dibangun Banjir Kanal Timur (BKT). Sama seperti BKB, BKT mengacu pada rencana induk yang kemudian dilengkapi “The Study on Urban Drainage and Wastewater Disposal Project in the City of Jakarta” tahun 1991, serta “The Study on Comprehensive River Water Management Plan in Jabotabek” pada Maret 1997. Keduanya dibuat oleh Japan International Cooperation Agency.

Pintu Gerbang BKT

Selain BKT berfungsi mengurangi ancaman banjir di 13 kawasan, melindungi permukiman, kawasan industri, dan pergudangan di Jakarta bagian timur, BKT juga dimaksudkan sebagai prasarana konservasi air untuk pengisian kembali air tanah dan sumber air baku serta prasarana transportasi air.  (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir_Kanal_Jakarta).

Jokowi-171212

Sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada hari Senin, 17 Desember 2012, saat ini Jakarta Timur telah memiliki area taman dan jalur khusus sepeda terpanjang di pinggir kali BKT.

Jalur speda

Di sebelah timur Jakarta seringkali terlupakan oleh sebagian kalangan yang sudah terbiasa hidup serba lengkap. Banyak yang mengira Jakarta Timur merupakan wilayah Jakarta yang tidak strategis untuk perdagangan dan mengesankan lebih ‘sederhana’ jika dibandingkan wilayah Jakarta lainnya.  

Taman

Taman BKT dibentuk sedemikian rupa seperti sebuah tempat wisata di daerah pantai. Selain itu dapat memberikan efek menyejukkan mata bagi para pengunjungnya. Siapapun boleh singgah ke taman BKT tanpa dipungut bayaran. Masyarakat dapat menikmati pemandangan alam yang asri di pinggir kota Jakarta Timur, taman bermain untuk anak-anak, sarana olahraga sepeda atau pejalan kaki dan ajang mempromosikan produk dagangan.

Ramai Bersepeda

Ketika hari libur nasional tiba, banyak sekali pedagang yang memanfaatkan area kosong untuk berjualan kaki lima di pinggir BKT, sehingga mereka dapat mempermudah para wisatawan atau olahragawan untuk melepas dahaga dan mengganjal perut yang kosong.

Kumpul Pedagang

Ayoo..tunggu apalagi? Jangan ragu untuk berwisata dan berolahraga di Taman BKT!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s